“baKso taHu” aLa Chef atMaDjaya

foto : “bakso tahu” album doc. atMaDjaya

ini bermula saat saya menghadiri jamuan makan malam bersama di Flat teman,saat itu teman saya memberi hidangan bakso tahu. sejak saat itu saya berkeinginan kuat untuk membuat bakso tahu. setelah saya bertanya kepada teman saya dan beberapa referensi dari paman google,akhirnya selesai juga membuat bakso tahu🙂

saya memang hobi memasak, entah kapan hobi itu muncul dalam diri saya, tapi yang jelas semenjak saya meninggalkan rumah dan hidup sendiri di negeri orang, saya jadi sering memasak. ada rasa puas dalam diri saya jika hasil masakan saya memiliki rasa yang enak, ditambah jika teman saya yang ikut merasakan masakan saya mengatakan “enak” wah, saya pasti ingin mencoba membuat masakan yang lain. ada rasa bangga yang ingin saya teriakkan bahwasannya saya bisa memasak🙂

saya akan sedikit berbagi resep ala saya, yang masih ingin belajar memasak lagi..dan lagi😀

resep Bakso taHu :

  1. daging sapi giling 500gr
  2. tepung sagu/kanji 100gr
  3. bawang putih yang digoreng kemudian dihaluskan
  4. garam [untuk garam sesuaikan selera aja,karena kadar asin di jepang dan di indonesia berbeda]
  5. tahu
  6. merica secukupnya

cara membuat :

panaskan air hingga mendidih. kecuali tahu, Campur semua bahan diatas sampai teraduk rata.  dengan menggunakan tangan dan sendok. ambil campuran daging dengan tangan dan genggam dan pencet keluarkan campuran daging diantara ibu jari dan telunjuk, ambil bulatan bakso dengan sendok dan masukkan kedalam air mendidih sampai mengapung lalu keluarkan. Lakukan sampai semuanya selesai.

untuk bakso tahu: potong tahu menjadi 2 bagian berbentuk segitiga, lalu iris bagian tengah dari tahu dan isi dengan campuran daging kemudian masukkan keair mendidih hingga mengapung, kemudian keluarkan.

untuk kuah : Siapkan air sisa membuat bakso tadi ditambahkan bumbu garam dan bawang putih yang telah ditumis, merica, dan pala.  Setelah mendidih masukan bakso sapi dan bakso tahu tadi dan masak sebentar saja.

proses penyajian:  siapkan mangkok isi dengan bihun yang sudah direbus, sawi , tuangi kuah kaldu dan bakso tahunya dan jangan lupa taburi seledri dan bawang merah goreng.

note: maaf, untuk takaran sesuaikan saja dengan selera,karena saya kemarin lupa banyaknya siung bawang,merica dan garam yang telah saya gunakan🙂, dan banyaknya bakso yang dapat dihasilkan untuk 500gr daging sapi *keburu di comot🙂 * tapi untuk bakso tahunya dapat 16 buah bakso tahu besar2.

9 Comments

  1. fey said,

    February 25, 2010 at 4:36 pm

    Tahu isi bakso donk…:mrgreen:
    enak tuh,,,
    tapi saya gak mau nyoba buatnya,,,
    karena hasilnya pasti akan berantakan…😛

    atma: iya mas,enak banget. makan pake sambel yang banyak,muantabz . . . d^^

  2. mila said,

    February 27, 2010 at 6:00 am

    Wah boleh tuh mas, patut di coba🙂

    atma : iya dicoba aja,gampang banget lho buatnya . . . ^^

  3. February 28, 2010 at 11:05 pm

    Tanggung jawab mas, orang hamil jadi kepingin bakso tahu nih hehe

    atma: haduuu. . . apes banget,hiks. . .
    segera dibeliin bu!! kasihan baby-nya . . .🙂

  4. harumhutan said,

    March 3, 2010 at 2:09 am

    hiyaaaaaaaa..
    pa9i pa9i da disu9uhi bakso ,umm..jadi pen9eeenn!

    waach manteeb yah,ada tahu isi da9in9,ini kaya bakwan malan9..humm..sukaaaaaaa..

    hemmm yummyy…..

    pake saos dan sambel yan9 pedess,manteebbb jeh !

    [ hwaaaa..jadi pen9een,sian9 sian9 makan ini se9er ne hihi]

    ech..hebaattt cowo bisa masaaak!
    [sukaaaaaaaaa,jaran9 jaran9kan :)]

    • wi3nd said,

      March 6, 2010 at 3:07 am

      [oot]
      hehe..

      iyah itu mienya pake mie kerin9,indomie bole tapi bumbunya jan9an dipake yah…

      selamat mencuba si JK🙂

      atma: yupz. . . kapan2 saya coba deh. . . ^__^

  5. mizstync said,

    March 12, 2010 at 2:53 am

    Bang! Baso’nya 1 1/2 porsi, Gak pake lama yah.. hehehe

    atma: banyak banget 1 1/2 porsi??okey siap ditunggu aja ^__^

  6. kikakirana said,

    March 26, 2010 at 11:55 am

    hehehe,,, boleh juga ini buat dicoba…
    sepertinya gag terlalu susah… tapiii….
    daging sapinya mau giling dimana ene…😦

    atma: biasanya kalo di indonesia di pasar2 banyak kika,coba kapan2 maen ke pasar trus tanya aja ^__^

  7. anna said,

    March 30, 2010 at 4:38 am

    hebat euy… cowok bisa masak.
    wah, udah punya istri blm mas, bisa2 ntar duet maut di dapur… hehehe
    bisa masak bareng. seperti saya dan suami di rumah..🙂

  8. March 31, 2010 at 2:54 am

    duh, Mas Atma pinter masak, bunda mau contek resepnya, boleh?
    siapa tau anak2 dan suami nanti menyukai dan memuji😀
    salam


Leave a Reply

