NyUuKoKu [kaNtor imi9raSi]

pagi ini saya berangkat ke kantor imigrasi kota otsu untuk menyelesaikan beberapa berkas kepulangan sementara ke kampung halaman. berangkat dari flat sekitar jam 9 dan tentunya dengan perut kenyang setelah makan “tumis wortel tahu”,hmm . . .  nyammy banget.

seperti biasanya… saya harus naik kaleng berjalan [kereta listrik/densha]. kantor imigrasi berada didepan stasiun otsu, dua stasiun tepatnya dari stasiun dekat dimana saya tinggal. dekat sih sebenarnya, cuma khan nggak mungkin harus jalan kaki, bisa2 tulang kaki saya lepas. . .giggling

setelah menumpuk 5 lembar kertas formulir yang setiap formulir tersebut telah saya isi dengan lengkap dan mudah, ya iya laaah . . tu khan formulirnya pake 3 bahasa pengantar🙂

btw hari ini agak sepi, hanya mendapat antrian satu orang, lumayan lah nggak nunggu lama.

petugas imigrasi : “atma san. . . .”       ( “saudara atma. . . .” )

saya : hai. . . watashi desu.       ( iya. . .  saya )

kemudian saya menerima selembar kertas putih kecil [dalam benak saya: loh pak. ko formulir saya diganti jadi kecil gini?? khan tadi formulir yang saya tumpuk ada 5 lembar?? kenapa dikembalikan cuma satu dan kecil lagi ponder] ternyata setelah sedikit berdialog dengan sang petugas 2 lembar formulir dikembalikan untuk kemudian diserahkan ke perusahaan dimana saya bekerja. dan tiga lembar yang lain sebagai data di imigrasi japan.

petugas imigrasi : wakatteru no ka??     ( apakah sudah paham?? )

saya : wakarimashita, arigato. . . .     ( paham,makasih. . . . )

*makasih ya pak imigrasi. . . thumbup

senangnya hari ini. . . semua lancar “ya Allah. . . Alhamdulillah”

paspor

foto: paspor RI dan si “kertas kecil” REENTRANT [otsu,japan]

Leave a Reply

